Arsitek Ternama di Indonesia Membangun Bersama dalam Negri

Dunia Arsitek adalah Profesi tinggi yang sangat Terkenal di Indonesia. Dengan bantuan Arsitek tentu kita dapat membuat Hunian atau bangunan yang bukan hanya kuat. Melainkan memiliki Fungsional dengan nilai Estesis dan Keindahan yang terencana. Tentunya bukan hanya Arsitek saja yang berjasa dalam pembuatan tersebut, Karena terdapat ilmu lain yang saling berkaitan yang membuat bangunan menjadi indah dan fungsional.

Dan berikut ini adalah Arsitek Ternama yang Berasal dari Indonesia

Tri Rismaharini

Arsitek Ternama yang Berasal dari Indonesia

Dia adalah seseorang Birokrat, politisi kader PDI-P serta aktivis lingkungan yang meniti pendidikan S1 di jurusan arsitektur Institut tehnologi sepuluh november serta lulus pada tahun 1987 lalu meneruskan S2 di kampus yang sama ambil managemen pembangunan kota serta lulus pada tahun 2002. Dia memperoleh titel kehormatan Doktor Honoris Causa dari kampus yang sama ITS pada 4 maret 2015.

karier birokrat
  • Kepala Seksi Tata Ruang dan Tata Guna Tanah Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya (1997)
  • Kepala Seksi Pendataan dan Penyuluhan Dinas Bangunan Kota Surabaya (2001)
  • Kepala Cabang Dinas Pertamanan Kota Surabaya (2001)
  • Kepala Bagian Bina Pembangunan (2002)
  • Kepala Bagian Penelitian dan Pengembangan (2005)
  • Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya (2005)
  • Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya (2008)
  • Wali Kota Surabaya (2010-2015; 2016-2021)
wanita yang satu ini sangat peduli dengan nasib warga dan juga lingkunganya sehingga secara tidak langsung penghargaan yang didapat merupakan kerja bersama dengan warganya. beberapa penghargaan yang penah didapatnya antara lain 
  1. Kota Surabaya meraih empat kali piala adipura kencana beruntun yakni tahun 2011, 2012, 2013, dan 2014 untuk kategori kota metropolitan, serta adipura paripurna pada tahun 2016.
  2. Surabaya menjadi kota terbaik se-asia pasifik tahun 2012 versi citynet atas keberhasilnya mengelola lingkungan bersama warganya.
  3. Oktober 2013, Kota Surabaya mendapatkan penghargaan tingkat Asia-Pasifik yaitu Future Government Awards 2013 di dua bidang yakni data center dan inklusi digital.
  4. Tririsma membangun broadband learning center untuk petani surabaya agar dapat lebih memanfaatkan internet dan juga untuk metode pemasaranya.
  5. Pada Tahun 2013 taman bungkul yang dipugarnya meraih penghargaan The 2013 Asian Townscape Award dari Perserikatan Bangsa-Bangsa dengan kategori taman terbaik se-Asia.
  6. Penghujung 2014, kota Surabaya menerima penghargaan internasional dari Future City versi FutureGov untuk Surabaya Single Window (SSW). Penghargaan ini kemudian diberikan untuk sistem pelayanan dan kemudahan izin investasi di Kota Surabaya
  7. Februari 2015, Tri Rismaharini dinobatkan untuk wali kota terbaik ketiga di dunia versi World City Mayors Foundation atas keberhasilannya dalam mengubah wajah perkotaan di Surabaya
  8. Wanita ini juga dipuji karena keberhasilanya dalam menutup kawasan lokalisasi terbesar di Asia Tenggara yaitu gang dolly,
  9. Agustus 2015, Tri Rismaharini mendapatkan anugerah tanda kehormatan Bintang Jasa Utama dari Presiden Jokowi bersama dengan 14 tokoh lain di Istana Negara, Jakarta. Penghargaan ini adalah penghargaan tertinggi yang diberikan kepada warga negara sipil.
  10. November 2015, Risma mendapatkan penghargaan anti korupsi dari Bung Hatta Anti Corruption Award. penghargaan ini didapatnya bersama dengan Bupati Batang Yoyok Rudi Sudibyo.

 

Y.B Mangun Wijaya

Arsitek Ternama yang Berasal dari Indonesia

sering dijuluki bapak arsitektur moderen di indonesia, salah satunya karya yang sangat populer ialah perancangan pemukiman untuk pinggir kali code, yogyakarta. karena karyanya itu romo mangun panggilan akrabnya memperoleh penghargaan Aga Khan untuk arsitektur, satu pernyataan paling tinggi dalam bagian arsitektur untuk negara berkembang.

Romo mangun bukan saja telaten di bagian arsitektur, beliau ikut sastrawan terkenal Indonesia serta salah satunya karyanya yang populer ialah burung-burung manyar, karya itu memperoleh penghargaan Ramon magsaysay.

Tidak hanya telaten di bagian arsitektur serta bagian sastra beliau ikut telaten dalam politik diantaranya membangun Yayasan Dinamika edukasi basic yang didasari kekecewaanya pada skema pendidikan yang ada saat itu, ide ini dikerjakan juga sekaligus untuk mebantu rakyat yang disaat itu memerlukan pertolongan serta perjuanganya dalam membela golongan miskin, tertindas, serta terpinggirkan oleh petinggi politik waktu itu dengan “jeritan nada hati nurari” jadikan dianya beroposisi dengan pemerintahan waktu itu.

Ridwan Kamil

Arsitek Ternama yang Berasal dari Indonesia

Arsitek, dosen, politisi, aktivis, sekaligus juga entrepreneur ini menamatkan S1 aristektur di Institut Tehnologi Bandung. Pada tahun 1995 adalah arsitek yang cukuplah populer di Indonesia, sekejap sesudah lulus dari ITB kerja saat empat bulan lalu berhenti. Dia memperoleh beasiswa S2 dari university of california, berkeley. Sambil meneruskan masternya ia kerja seseparuh sesi di departemen rencana kota berkeley. Tidak selang lama pada tahun 2002 dia pulang ke Indonesia, serta tinggal di Sini sampai saat ini. Pemilik sekaligus juga pendiri perusahaan urbane yang pada tahun 2004 awal didirikannya itu mempunyai 2 orang anak. Dia juga merupakan dosen tidak tetap Institut tehnologi bandung.

Dia ikut sekarang ini menjabat menjadi walikota bandung periode 2013-2018, sebelumnya setelah di dahului oleh dada rosada. PKS serta gerindra adalah partai yang mengusungnya saat penentuan walikota itu, walau bagaimanapun tidak langsung jadikan dia kader masih partai itu. Ridwan kamil ikut adalah seseorang aktifis, beberapa gerakanya diantaranya ialah banjung juara serta indonesia berkebun.

Hendra Hadiprana (1929- )

Arsitek Ternama yang Berasal dari Indonesia

Hendra Hadiprana adalah salah satunya arsitek yang mengawali gerakan atau cikal akan arsitektur di indonesia. Beliau membangun Grahacipta Hadiprana serta project-project yang seringkali diatasi mencakup rumah, universitas, bandara. Diantaranya ialah universitas Binus Serta Bandara Dikalimantan timur.

Arsitek satu ini karyanya ada yang ada di Hong-Kong: Ramayana Galleries Hotel Hilton, Bank Niaga Indonesia. Dia meniti pendidikan di Akademie Minerva Afdeling Architektuur yang ada di Groningen, Belanda.

Pada eranya bank-bank asing tetap menyerahkan desain-desain arsitekturnya pada kantor konsultan ini. Diluar itu karyanya banyak mencakup hotel-hotel di Indonesia, dulu klienya banyak yang termasuk juga keluarga dekat Pak Harto.

Soejodi Wiroatmojo (1928 – 1981)

Arsitek Ternama yang Berasal dari Indonesia
Soejodi Wirjoatmodjo ialah seseorang berpotensi yang memenangi sayembara design gedung MPR/DPR. (dulu gedung ini dinamakan Conefo (Conference of the New Emerging Forces)).

Bukan sekedar membuat gedung MPR/DPR Soejoedi ikut juga membuat masterplan dari tata kota Kotamadya Pontianak, Kalimantan barat, lalu masterplan daerah pariwisata Nusa Dua, Bali, serta masterplan peningkatan perancangan pariwisata di Jawa Tengah.
Karya-karya popular lainnya ialah Gedung Sekretariat ASEAN, Gedung KBRI di Kuala Lumpur, Malaysia, Gedung kedubes Prancis yang ada di Jakarta, Gedung Konsulat Indonesia di Beograd, Serbia serta Stasiun PLTA di Karang Kates, Jawa Timur.

Warisannya ialah membawa bentuk-bentuk arsitektur non-tradisional menjadi satu inspirasi ide arsitek-arsitek muda. Rancangannya lalu memberi ruangan hubungan sosial tiada mengorbankan lingkungan sekelilingnya.

Dia adalah arsitek alumni ITB serta mengenyam pendidikan arsitek yang didapatnya lewat beasiswa di Perancis. Ecole Superieure National des Beaux Arts, Paris serta Hoogeschool, Delft, Belanda.

Danny Pomanto

Arsitek Ternama yang Berasal dari Indonesia

Ir. H. Mohammad Ramdhan Pomanto atau biasa diketahui menjadi Danny Pomanto ialah Wali Kota Makassar yang menjabat semenjak 8 mei 2014. Danny Pomanto yang berpasangan dengan Syamsu Rizal serta diusung oleh Partai Demokrat serta PBB ini keluar menjadi pemenang pemilihan kepala daerah kota makasar.
Dia serta wakilnya Syamsu Rizal dilantik pada tanggal 8 Mei 2014 oleh Gubernur Sulawesi Selatan Shahrul Yasin Limpo. Danny Pomanto ialah seseorang arsitek serta bekas dosen jurusan arsitektur di Kampus Hasanudin Makassar.

nama yang masuk dalam tokoh 10 revolusi mental ini mempunyai banyak prestasi diantaranya :
Skema lelang jabatan yang sempat di anut Bekas Gubernur DKI jakarta ialah percontohan dari Skema Danny Pomanto yang lebih dulu menerapkanya.
lelang kursi kepala sekolah, pria kelahiran Makassar 30 Januari 2016 ini ikhlas lakukan pengawasan mendadak (sidak) ke sekolah-sekolah untuk memonitor transparansi lelang itu serta langsung memonitor sarana sekolah apa telah baik

Andra Matin

Arsitek Ternama yang Berasal dari Indonesia

Isandra Matin Ahmad ialah seseorang arsitek yang karya-karyanya terima banyak penghargaan. Semenjak membangun Andra Matin Architects pada tahun 1988. Aang, panggilan akrabnya, mencapai IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) Award pada tahun 1999 serta 2002 untuk Gedung kantor Le Bo Ye Graphic Design serta Gedung Dua 8 di Kemang, Jakarta Selatan.

Sesaat Conrad Chapel di Bali yang dirancangnya bersama dengan Antony Liu serta Ferry Ridwan, serta kantor Javaplant di Tawangmangu, Jawa Tengah, mendapatkan tiga penghargaan dari IAI DKI Jakarta pada 2006.

Karena itu ikut pada tahun 2007 Wallpaper Architecture Directory menobatkan Aang menjadi salah satunya arsitek. Dari 101 arsitek dunia, yang sangat berkiprah pada tahun 2007. Paling akhir, pada tahun 2008 Aang kembali sukses menyapu 3 piala dari 7 penghargaan yang ada di IAI Award.

Achmad Noeman ( 1926-2016)


Ir. H. Achmad Noeman adalah Pakar Arsitektur Masjid Indonesia, seringkali di juluki Arsitek seribu masjid serta pakar arsitektur masjid indonesia.

Ciri khasnya ialah membuat masjid yang tidak mempunyai kubah. Banyak karyanya seperti Masjid Salman ITB, Masjid Amir Hamzah di Taman Ismail Marzuki, Masjid at-Tin Jakarta, Masjid Islamic Center Jakarta, Masjid Soeharto di Bosnia serta Masjid Syekh Yusuf di Cape Town, Afrika Selatan.

Akan tetapi karyanya yang mengorbitkan namanya ialah Masjid Salman di ITB, masjid ini berdiri gagah tiada kubahnya. Dalam perancangan masjidnya dia lalu berprinsip bahwanya barisan shaff shalat tidak bisa terpotong-potong hingga dalam design masjidnya tidak ada kolom di bangunan masjid. Dia juga adalah salah satunya pendiri IAI (Ikatan Arsitek Indonesia).

 

Tags: